Halaman

Senin, 13 Februari 2012

PROPERTI SISTEM YANG MEMBERIKAN KEAMANAN


       Jika sistem informasi ingin selalu menjaga keamanan isinya, maka ia harus memiliki 3 properti yaitu :

1.      Integritas yaitu sistem yang mempunyai integritas jika ia berjalan seperti apa yang diharapkan. Perancang sistem berusaha untuk mengembangkan sistem yang mempunyai integrasi fungsional. Integritas fungsional yaitu kemampuan untuk melanjutkan operasi walaupun bila salah satu atau lebih dar komponen yang tidak berjalan. Contoh : Jaringan pemrosesan distribusi

2.      .  Audibilitas yaitu sistem yang mempunyai audibilitas yang mudah bag seseorang untuk memeriksa, memvertifikasi, atau mendemonstrasikan penampilannya. Contoh : Subsistem CBIS bersifat audible bila dokumentasi mengidentifikasi orang-orang yang mengembangkan dan program tersebut menyertakan pengecekan kesalahan yang diperlukan.

3.      Berdaya control yaitu pengarahan atau penghambatan terhadap system tersebut berdaya control. Teknik untuk mendapatkan daya kontrol system ini adalah dengan membagi system menjadi subsistem yang menangani transaksi secara terpisah. Penebusan keamanan pada salah satu subsistem tidak akan mempengaruhi keseluruhan system.


Contoh : salah satu subsitem dalam bank di gunakan untuk membuka account, dan subsistem penarikan account. Subsistem pertama untuk mengontrol, yang kedua  mencegah manipulasi dana yang tidak diinginkan, misalnya seseorang yang membuka account dengan nama dan pemilik account dan secara illegal mentransfer dana tersebut ke dalam dari account yang lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar